Senin, 31 Desember 2018

[Curhat] Daftar Bacaan di Tahun 2018


“Membaca buku yang bagus layaknya sebuah percakapan dengan pemikiran terbaik di abad-abad sebelumnya.” (Rene Descartes)

            Postingan kali ini saya akan membagikan daftar buku yang saya baca selama tahun 2018. Buku bacaan saya memang mengalami peningkatan secara jumlah, tetapi disisi lain, saya justru mengalami penurunan dalam hal tulis menulis. Contohnya dapat terlihat dengan jelas, yaitu blog ini yang terbengkalai. Sejujurnya tidak hanya blog, bahkan akun goodreads pun, baru saya buka kembali di minggu akhir Desember ini, itu pun agar bacaan selama 2018 terekam dengan baik. 
            Alhamdulillah, selama Januari sampai Desember 2018 saya berhasil menyelesaikan 47 buku bacaan dengan berbagai genre. Tahun 2018 menjadi tahun yang cukup beragam jika dilihat dari buku bacaan yang saya baca, tidak hanya membaca fiksi (novel) tapi saya juga mulai banyak membaca buku nonfiksi, buku kumpulan puisi, dan kumpulan quotes.

Rekam jejak bacaan saya di Goodreads >>  https://www.goodreads.com/user/show/56060912-risyca-pujiastuti
“Rahasia kesuksesan adalah saat jantungmu tak berdetak sia-sia di setiap jengkal detik waktu masa kini.” (Mimpi Bertemu Nabi – Juman Rofarif)
Dan inilah daftar buku yang saya baca di Tahun 2018 :
Bulan Januari
1.    Sirkus Pohon – Andrea Hirata
2.    Journey To The Greatest Ottoman – Marfuah Panji Astuti
3.    Wheels and Heels – Irene Dyah
4.    Unforgettable Sunset – Indah Hanaco

Bulan Februari
5.    #AboutLove – Tere Liye
6.    Wedding Debt – Ratinatif (E-Book)
7.    Welcome Home Rain – Suarcani (E-Book)
8.    Resign – Almira Bastari (E-Book)

Bulan Maret
9.    Mahar Untuk Maharani – Azhar Nurun Ala
10.    Aroma Karsa – Dee Lestari
11.    Boy Toy – AliaZalea
12.    Catatan Harian Menantu Sinting – Rosie L. Simamora

Bulan April
13.    Pergi – Tere Liye
14.    Perjalanan Rasa – Fadh Pahdepie
15.    Api Tauhid – Habiburrahman El Shirazy
16.    Hujan Ibu Kota – Sholeh, Ayu, dan Salma
Bulan Mei
17.    Rindu – Tere Liye
18.    Merindukan Baginda Nabi – Habiburrahman El Shirazy
19.    35 Shirah Shahabiyah – Mahmud Al Mishry
20.    Jalan Panjang Menuju Pulang – Pipiet Senja
21.    Tuhan Mengikuti Persangkaan Hamba Nya – Adi Abdillah & Shuniyyah Ruhama (E-book)

Bulan Juni
22.    Islam Itu Ramah Bukan Marah – Irfan Amalee
23.    Mimpi Bertemu Nabi – Juman Rofarif
24.    Pelukis Gurun Pasir – Fuad Abdurrahman
25.    Ceros & Batozar – Tere Liye
26.    Komet – Tere Liye
Bulan Juli
27.    Arah Langkah – Fiersa Besari
28.    Garis Waktu – Fiersa Besari
29.    Seribu Wajah Ayah – Azhar Nurun Ala

Bulan Agustus
30.    Surat Untuk Ruth – Bernard Batubara (E-Book)
31.    When Love Is Not Enough – Ika Vihara (E-Book)
32.    Alfa dan Omega – Oda Sekar Ayu (E-Book)
33.    Bara, Surat Terakhir Sang Pengelana – Febrialdi R.
34.    101 Pertanyaan & Jawaban Terapi Radiotiroablasi – Dr. Ryan  dkk
35.    Malik dan Elsa – Boy Chandra

Bulan September
36.    Happy Little Soul – Retno Hening
37.    Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson

Bulan Oktober
38.    Lelaki Pilihan Maharani – Azhar Nurun Ala
39.    Wiji Thukul: Teka-Teki Orang Hilang – Tempo Publishing
40.    Gitanjali – Febrialdi R.

Bulan November
41.    Bapak: Pelajaran Hidup yang Mungkin Tak Sempat Dilisankannya Padamu – Ulum A. Saif
42.    Cinta Dalam Ikhlas – Kang Abay
43.    I am Sarahza – Hanum Salsabiela Rais

Bulan Desember
44.    Don’t Sweat The Small Stuff – Richard Calson
45.    Muhammad : Lelaki Penggenggam Hujan – Tasaro GK
46.    #BERHENTIDIKAMU – Gia Pramata
47.    Si Anak Cahaya – Tere Liye
            Nah, itulah buku-buku yang berhasil saya baca hingga selesai di tahun 2018. Ada juga beberapa buku yang sudah saya mulai baca, tetapi belum selesai, jadi belum dimasukkan ke dalam daftar bacaan tahun 2018. Oh iya, untuk buku jenis e-book, saya biasanya membaca di IJak atau IPusnas, sebuah perpustakaan berbasis online dan ada juga beberapa e-book yang saya beli di Google Play Books.
            Tahun 2017 saya mampu membaca 36 buku dan menuliskan beberapa resensi di blog, tahun 2018 membaca 47 buku tetapi tidak ada satu pun resensinya yang saya posting di blog 😅. Tetapi tenang saja, ada 37 buku yang saya review secara singkat di akun instagram. Kamu bisa berkunjung ke @risycapujiastuti 😉 (Promosi eeuy). Saya sangat senang dengan pencapaian membaca saya di tahun 2018, Alhamdulillah dapat membaca buku sebanyak itu. Tahun ini memang tidak ada target membaca, jadi berapapun buku yang dapat saya selesaikan ya cukup di syukuri saja 😃. Di tengah segala hiruk pikuk urusan kehidupan di tahun 2018 ini, cara termudah bagi saya dalam menjaga kesehatan dan kewarasan otak serta hati adalah dengan membaca.
“Sukses bukan cuma soal punya setumpuk harta, tapi juga mempunyai setumpuk kebaikan untuk dibagikan.” (Catatan Juang – Fiersa Besari)
            Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada sahabat dan teman-teman yang senantiasa rajin memberikan saya pinjaman buku ataupun justru memberikannya secara gratis, semoga terus seperti itu 😍, dan juga terimakasih kepada penerbit buku yang rajin mengadakan kuis dan memberikan buku sebagai hadiah. Semoga berkah selalu. : ))
            Harapan saya untuk tahun 2019, semoga dunia Literasi Indonesia semakin berkembang, kita semua semakin rajin membaca dan menularkan virus membaca kepada banyak orang. Intinya sih, semoga senantiasa menjadi manusia yang selalu bersyukur dan lebih baik lagi. Tetaplah Semangaaat!!
Thank you and See you next time…

“Negeri ini adalah negeri yang sangat besar, negeri yang hebat. Cuma, sayangnya, tidak semua orang mampu bersyukur. Kebanyakan dari kita lebih senang terlena dicekoki keindahan dunia fana. Sedih karena putus cinta, tapi lupa kalau saudara-saudara kita ada yang lebih bersedih karena putus sekolah. Menangis karena hati terluka oleh sang kekasih, tapi lupa kalau saudara-saudara kita lebih terluka karena haknya diinjak-injak. Galau karena cinta ditolak, tapi lupa kalau saudara-saudara kita ada yang berusaha tidak galau meski kehilangan tempat tinggal pasca bencana.” (Catatan Juang- Fiersa Besari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar